TIPS TRAVELING AGAR LIBURAN SESUAI RENCANA


Beberapa tips sebelum melakukan perjalanan wisata
Gambar :  Bag travel by seach google



Sibuk dengan menjalani segala aktifitas kantor serta rutinitas kerja sehari-hari membuat pikiran dan perasaan menjadi penat atau kita bahkan bisa menjadikan stres. Hal ini bisa dialami oleh setiap orang baik laki-laki atau perempuan. Untuk menghindari akibat itu semua maka kita harus mengimbangi dengan suatu kegiatan yang positif seperti rajin berolah raga, makan makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup, banyak konsumsi buah-buahan, mengkonsumsi vitamin sehingga bisa menjaga kebugaran kita.

Bila perlu lakukan refresing atau perjalanan wisata untuk menyegarkan kepala kita. Kegiatan traveling bisa dilakukan sendiri atau dengan anggota keluarga kita. Wah, tapi lebih asyik bila perjalanan wisata kita dilakukan bersama dengan orang-orang tercinta kita. Tidak bisa di pungkiri bahwa melakukan perjalanan wisata merupakan suatu kegiatan perjalanan yang sangat menyenangkan apabila dilakukan dengan perencanaan yang matang jauh hari sebelumnya. Hal itu agar semua yang kita lakukan nantinya tidak akan menimbulkan segala sesuatu yang bisa mencelakakan diri kita atau bahkan anggota keluarga kita sehingga apa yang kita rencanakan berjalan sesuai dengan agenda kita. Nah sebelum melakukan perjalanan wisata ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal sebelum akan melakukan wisata baik itu sendirian atau beserta keluarga diantaranya beberapa tips berikut ini :
  1. Merencanakan lokasi tujuan perjalanan wisata Anda. Hal ini sangatlah penting karena ini merupakan awal dari dimulainya perjalanan wisata kita. Kalau kegiatan wisata dilakukan beserta anggota keluarga diharapkan untuk memilih tujuan wisata yang nyaman dalam artian juga mempertimbangkan faktor keamanan keluarga. Lokasi pantai, wisata candi, agro wisata, taman bermain akan lebih baik karena di sini kita bisa mengajarkan pendidikan tentang alam dan sekitarnya.
  2. Mengumpulkan informasi tujuan wisata Anda. Sebelum memutuskan tujuan wisata yang tepat ada baiknya untuk mengumpulkan informasi tentang wisata lewat internet, televisi, media cetak atau media lain untuk menunjang segala sesuatu yang dibutuhkan seperti informasi tentang lokasi wisata, perkiraan cuaca, hotel atau bahkan transportasi yang bisa menunjang untuk perjalanan wisata kita.
  3. Booking Penginapan ( Hotel ). Kalau perjalanan wisata kita membutuhkan beberapa hari, sangatlah disarankan agar sebelum mulai perjalanan wisata hendaknya mencari atau memesan penginapan (hotel) terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari ketidak tersediaannya tempat menginap di tempat tujuan wisata kita. Sangat rugi bukan kalau kita sudah jauh-jauh datang ke tempat wisata ternyata tidak ada tempat untuk menginap atau kehabisan penginapan. Apalagi kalau rencana perjalanan wisata bersamaan dengan waktu liburan sekolah. Sehingga sangat penting untuk memesan penginapan ( hotel ) terlebih dahulu. Untuk lebih memudahkan pemesanan, Anda bisa melakukan pemesanan hotel di traveloka.com karena saya sendiri memanfaatkannya sewaktu melakukan perjalanan wisata saya. Dengan begitu kita bisa menghemat waktu dan tenaga untuk urusan pemesanan. Di sini Anda bisa mencari dan memesan hotel atau bahkan juga bisa memesan tiket pesawat sekalipun.
  4. Menyusun jadwal perjalanan wisata. Menyusun beberapa jadwal dengan cermat akan membantu dalam melakukan perjalanan wisata seperti berapa hari kita akan melakukan perjalanan mulai dari keberangkatan, selama melakukan perjalanan sampai pulang dari perjalanan. Sehingga apa yang sudah kita rencanakan dan susun dengan tujuan wisata yang kita kunjungi tidak akan terlewatkan satupun sehingga sesuai dengan apa yang kita agendakan. 
  5. Membawa Dokumen Penting. Sangat penting membawa dokumen saat melakukan perjalanan wisata seperti : KTP, SIM, nomor telepon darurat untuk menjaga kalau terjadi sesuatu yang buruk di perjalanan, bila perlu membawa Kartu Nikah juga bagi yang melakukan perjalanan dengan pasangannya hal ini untuk menjaga apabila ada pemeriksaan di hotel, Paspor dan Visa apabila melakukan perjalanan ke luar negeri.
  6. Membawa Uang Tunai. Sangat disarankan dengan membawa uang tunai dalam melakukan perjalanan karena akan memudahkan apabila melakukan transaksi di tempat wisata mengingat tidak adanya fasilitas mesin ATM di tempat wisata. Persediaan uang tunai disarankan untuk disimpan di dua tempat yang berbeda. Misalnya si ayah membawa sebagian dan si ibu membawa sebagian juga. Hal Ini untuk menjaga akan keamanan uang yang kita bawa apabila terjadi hal yang buruk menimpa diperjalanan kita.
  7. Membawa Kartu ATM dan Kartu Kredit. Hal ini untuk menjaga kalau kehabisan uang cash yang sudah kita persiapkan, disamping itu akan lebih aman apabila kita mempersiapkan cadangan uang dengan memanfaatkan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri ).
  8. Membawa perlengkapan Pribadi. Perlengkapan pribadi sangat di butuhkan sewaktu melakukan perjalanan wisata seperti : pakaian, perlengkapan mandi, makeup, dan jangan ketinggalan untuk menyiapkan juga peralatan P3K seperti obat demam, obat sakit kepala, obat nyeri sendi, obat masuk angin, obat anti mabok dll. Hal ini untuk memberi pertolongan ringan  sewaktu kita butuhkan.
  9. Membawa tas kecil . Hal ini bertujuan untuk menyimpan barang-barang penting yang pada suatu saat diperlukan dengan cepat seperti untuk menaruh tiket pesawat, uang pecahan, handphone, atau bahkan dompet sekalipun sehingga terhindar dari kehilangan suatu barang berharga kita karena tercecer atau ketinggalan. Tas kecil ini bisa kita pakai untuk disandang atau di taruh di pinggang.
  10. Membawa Kamera atau perekam audio & video. Hal ini bertujuan untuk mengabadikan momen perjalanan kita. Dengan kamera kita bisa membidik objek atau tempat-tempat yang indah serta kita juga bisa mengeditnya. Selama melakukan perjalanan wisata tentunya tidak akan melewatkan begitu saja segala aktifitas kita yaitu dengan cara mengabadikan momen terindah dengan perekam audio video digital. Sehingga kita bisa melihatnya atau hanya untuk bernostalgia kembali sewaktu melakukan aktifitas perjalanan wisata.

Demikianlah beberapa tips sebelum melakukan perjalanan wisata bersama orang-orang tercinta kita semoga dapat memberikan manfaat yang positif kepada para Sahabat Travel yang akan melakukan perjalanan wisata. Sehingga perjalanan wisata kita aman serta berjalan dengan sesuai rencana. Di samping itu kita juga harus menjaga kebersihan serta menghormati di setiap areal tujuan wisata kita.





                                                                   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS TRAVELING AGAR LIBURAN SESUAI RENCANA"

Post a Comment